Creator .conceptor ,Mediator,Problem Solver (Part II)
Mengenal Apa Itu Team Work
Kerja tim atau team work adalah upaya kolaborasi dari suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama atau menyelesaikan tugas dengan cara yang paling efektif dan efisien secara berkelompok. Konsep ini terlihat dalam kerangka kerja tim yang lebih besar, yaitu sekelompok individu yang saling bergantung yang bekerja bersama menuju tujuan bersama.
Team work sendiri hadir dalam konteks apa pun di mana sekelompok orang bekerja bersama demi untuk mencapai tujuan bersama. Konteks ini meliputi organisasi industri (tim kerja formal), atletik (tim olahraga), sekolah (teman sekelas yang mengerjakan proyek), dan sistem perawatan kesehatan (tim ruang operasi)
Didalam Team pasti akan ada pendapt atau perdebatan yang menjadi konflik didalamnya meskipun begitu dalam team yang baik pasti ada seorang Mediasi upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak.
Mediasi
disebut emergent mediation apabila mediatornya merupakan anggota dari sistem sosial pihak-pihak yang bertikai, memiliki hubungan lama dengan pihak-pihak yang bertikai, berkepentingan dengan hasil perundingan, atau ingin memberikan kesan yang baik misalnya sebagai teman yang solider.
Pengertian mediasi menurut Priatna Abdurrasyid yaitu suatu proses damai di mana para pihak yang bersengketa menyerahkan penyelesaiannya kepada seorang mediator (seseorang yg mengatur pertemuan antara 2 pihak atau lebih yg bersengketa) untuk mencapai hasil akhir yang adil, tanpa biaya besar besar tetapi tetap efektif dan diterima sepenuhnya oleh kedua belah pihak yang bersengketa. Pihak ketiga (mediator) berperan sebagai pendamping dan penasihat. Sebagai salah satu mekanisme menyelesaikan sengketa, mediasi digunakan di banyak masyarakat dan diterapkan kepada berbagai kasus konflik.
Problem Solving
aktivitas mendefinisikan masalah, menentukan penyebab masalah, menentukan prioritas, menyeleksi berbagai pilihan solusi dan mengimplementasikan solusi tersebut. Ada langkah-langkah lebih rinci untuk setiap proses problem solving ini.
Contohnya proses mendefinisikan masalah, seseorang harus bisa membedakan terlebih dahulu mana gejala dan mana masalah sebenarnya. Kemudian mengumpulkan fakta-fakta dan seterusnya hingga menemukan akar masalah yang sebenarnya.
maka dari itu yang sudah kita bahas Team yang baik dan kerja sma yang baik dapat menciptakan kerja yang efektif dan tercapai tujuan yang dicapai
Semoga bermanfaat
Semangat ,salam TEAM WORK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar