Selasa, 02 Februari 2021

Karakter Kreatifitas Yang Berbasis Bisnis

 Karakter Kreatifitas Yang Berbasis Bisnis

Catatan Harian Bersama 

IBu SEREPINA TIUR MAIDA, S.SOS., M.PD., M.I.KOM

Hello creative people kembali lagi dengan saya bang regar kali ini saya ingin berbagi dalam blog pribadi saya tentang   Karakter Kreatifitas Yang Berbasis Bisnis

 



Disini saya ingin membahas Kreatif dan Inovasi dalam berbasis Bisnis 


Pengertian Inovasi merupakan suatu proses dan/ atau juga hasil pengembangan pemanfaatan dari suatu produk/ sumber daya yang telah/sudah ada sebelumnya, sehingga mempunyai nilai yang lebih berarti.

Terdapat juga yang mengatakan bahwa arti inovasi ini ialah suatu pembaharuan terhadap segala sumber daya sehingga sumber daya itu memiliki manfaat yang lebih bagi manusia. Proses inovasi ini sangat dipengaruhi oleh adanya kemajuan teknologi serta ilmu pengetahuan disebbakan karena kedua hal itudapat memudahkan didalam memproduksi sesuatu yang baru serta juga berbeda.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Supaya kita dapat lebih mengerti apa arti inovasi, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli. Dibawah ini merupakan pengertian inovasi menurut para ahli sebagia berikut :

1. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, pengertian inovasi merupakan suatu ide, gagasan, ojek, serta juga praktik yang dilandasi serta diterima ialah sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau juga kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun juga diadopsi.

2. Kuniyoshi Urabe

Menurut beliau, pengertian inovasi ini merupakan segala hal yang dihasilkan dengan melalui suatu proses yang panjang serta juga kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

3. Van de Ven, Andrew H.

Menurut Van de Ven, Andrew H., definisi inovasi merupakan pengembangan serta juga implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan segala bentuk aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

4. UU No. 19 Tahun 2002

Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi merupakansuatu kegiatan atau aktivitas penelitian, pengembangan, serta atau perekayasaan yang dilakukan untuk dapat pengembangan penerapan praktis nilai serta juga konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau juga cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan serta teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau juga proses produksinya

 

Definisi  Survei literatur tentang inovasi telah menemukan berbagai macam definisi. Pada tahun 2009, Baregheh et al. menemukan sekitar 60 definisi dalam makalah ilmiah yang berbeda, sedangkan survei tahun 2014 menemukan lebih dari 40. Berdasarkan survei mereka, Baragheh et al. mencoba untuk mendefinisikan definisi multidisiplin dan sampai pada definisi berikut: "Inovasi adalah proses multi-tahap di mana organisasi mengubah ide menjadi produk, layanan, atau proses yang baru / lebih baik, untuk memajukan, bersaing, dan berhasil membedakan diri mereka sendiri di pasar"  Dalam survei industri tentang bagaimana industri perangkat lunak mendefinisikan inovasi, definisi berikut yang diberikan oleh Crossan dan Apaydin dianggap yang paling lengkap, yang didasarkan pada definisi manual Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD):  Inovasi adalah produksi atau adopsi, asimilasi, dan eksploitasi suatu nilai tambah baru dalam bidang ekonomi dan sosial; pembaruan dan perluasan produk, layanan, dan pasar; pengembangan metode produksi baru; dan pembentukan sistem manajemen baru. Ini adalah proses dan hasil. Sarjana berpengaruh Everett Rogers, mendefinisikannya sebagai berikut: "Ide, praktik, atau objek yang dianggap baru oleh individu atau unit adopsi lainnya

 Peter Drucker menulis: Inovasi adalah fungsi spesifik kewirausahaan, baik dalam bisnis yang sudah ada, lembaga layanan publik, atau usaha baru yang dimulai oleh seorang individu di dapur keluarga. Ini adalah cara dimana wirausahawan menciptakan sumber daya penghasil kekayaan baru atau memberikan sumber daya yang ada dengan potensi yang ditingkatkan untuk menciptakan kekayaan.

Kreativitas adalah fenomena di mana sesuatu yang entah bagaimana baru dan entah bagaimana berharga terbentuk. Item yang dibuat mungkin tidak berwujud (seperti ide, teori ilmiah, komposisi musik, atau lelucon) atau objek fisik (seperti penemuan, karya sastra cetak, atau lukisan).

Minat ilmiah dalam kreativitas ditemukan di sejumlah disiplin ilmu, terutama psikologi, studi bisnis, dan ilmu kognitif, tetapi juga pendidikan, humaniora, teknologi, teknik, filsafat (khususnya filsafat ilmu), teologi, sosiologi, linguistik, seni, ekonomi, dan matematika, yang meliputi hubungan antara kreativitas dan kecerdasan umum, tipe kepribadian, proses mental dan saraf, kesehatan mental, atau kecerdasan buatan; potensi untuk menumbuhkan kreativitas melalui pendidikan dan pelatihan; pembinaan kreativitas untuk kepentingan ekonomi nasional, dan penerapan sumber daya kreatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.


Kreativitas dan inovasi

Secara umum, inovasi dibedakan dari kreativitas dengan penekanannya pada penerapan ide-ide kreatif dalam lingkungan ekonomi. Amabile dan Pratt pada tahun 2016, berdasarkan literatur, membedakan antara kreativitas ("produksi ide baru dan berguna oleh individu atau sekelompok kecil individu yang bekerja bersama") dan inovasi ("implementasi ide kreatif yang berhasil dalam suatu organisasi") , dan dengan demikian, mereka menganggap keduanya sebagai bagian dari proses yang sama

Bisnis atau niaga adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.


kreativitas yang memiliki daya tarik yang tinggi bisa menjadi bisnis menambah uang pendapatan ,secara inovasi kita bisa mengembagkan itu menjadi karya yg bagus dan unggul ,seperti pandemi ini buklanlah menjadi alasan kita tidak bisa kreatif dan tidak memiliki ide untuk mengembangkan dan membuat karya yang bisa menjadi bisnis ,seperti berjualan dan membuat konten yang bermanfaat bagi bnyak orang dan dapat menjadi suatu penghasilan jika karya kita dapat dijual,apalagi dimasa sekrang adalah dunia global dan canggih ,buat karya yang bisa menuntugkan banyak orang dan dapat menguntungkanmu ,

semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review and recalling (Evaluasi)

 Review and recalling (Evaluasi) atau disebut  Memory dan Daya ingat  Catatan Harian Bersama  IBu SEREPINA TIUR MAIDA, S.SOS., M.PD., M.I.KO...